Tempat Wisata Alam Yang Ada Di Wonogiri

Tempat Wisata Alam Yang Ada Di Wonogiri


Aktualita.co – Wonogiri merupakan Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Wonogiri masuk dalam karesidenan Surakarta, yang berlokasi di sebelah selatan Kota Solo. Kabupaten ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik.
tempat wisata wonogiri
Tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri sangatlah beragam, mulai dari wisata alam, wisata religi, maupun wisata buatan lainnya. Berikut daftar tempat wisata di Wonogiri yang bisa anda kunjungi :
1.    Pantai Nampu
Pantai Nampu adalah salah satu pantai dengan pasir putih yang berada di Kabupaten Wonogiri. Pantai ini terletak sekitar 15 km dari Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Karena pantai ini masih terbilang baru, maka pantai ini masih bersih dan juga belum dipenuhi dengan fasilitas yang cukup. Namun jangan khawatir, karena tanpa fasilitas yang mendukung pantai ini sangatlah indah dan mempesona. Di pantai ini para wisatawan juga dapat menikmati mata air tawar.
2.    Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Untuk mencapai pantai ini hanya dibutuhkan waktu tempuh 2 jam dari pusat kota Wonogiri. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dari pantai lainnya, yaitu Banyutowo yang berarti air tawar. Pantai ini memiliki aliran air tawar yang berasal dari sungai-sungai disekitarnya. Perpaduan indahnya air laut dengan air tawar yang sangat mempesona, menjadikan tempat wisata di Wonogiri ini tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi.
3.    Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Waduk Gajah Mungkur menjadi salah satu ikon bagi wisatawan di Kabupaten Wonogiri. Dari pusat kota Wonogiri, waduk ini berjarak sekitar 3 km. Waduk Gajah Mungkur dibangun pada tahun 1970m dan selesai dibangun pada tahun 1978. Luas dari waduk ini sekitar 8800 ha. Fungsi dari waduk ini adalah sebagai tempat irigasi bagi persawahan yang ada di Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, dan juga Sragen. Selain sebagai tempat untuk irigasi, waduk ini dijadikan sebagai tempat wisata di Wonogiri. Para pengunjung akan disajikan warung makan yang menyediakan makan khas dan juga hasil ikan dari waduk sambil menikmati alam di sekitar waduk.
4.    Wisata Spiritual Kahyangan
Tempat Wisata Spiritual Kahyangan dijadikan sebagai tempat nenepi dan tirakat bagi warga masyarakat di sekitar. Tempat wisata di Wonogiri ini dulunya adalah sebuah gua yang digunakan sebagai tirakat pendiri kerajaan Mataram Sutowijiyo. Dan saat ini oleh masyarakat sekitar dijadikan salah satu objek wisata Kabupaten Wonogiri.
5.    Goa Putri Kencono
Goa Putri Kencono berada di Ds. Wonodadi , Kec. Pracimantoro, Wonogiri dan berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Wonogiri. Tempat wisata ini menyajikan keindahan stalagtid dan stalagmid disepanjang goa. Goa ini memiliki luas 1000 meter persegi yang jalurnya dapat menembus bukit di sekitarnya.
6.    Museum Wayang Wonogiri
Museum Wayang ini memiliki kemiripan dengan Mueum Wayang yang berada di Jakarta. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi wayang dari Indonesia. Koleksi wayang ini merupakan warisan kebudayaan yang terbuat dari bahan-bahan yang berbeda.