Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Hitam Dengan Bahan Alami

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Hitam Dengan Bahan Alami


Aktualita.co – Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang kerap menjadi perhatian utama (first impression) orang lain yang kita ajak berkomunikasi. Karena itu memperhatikan kesehatan bibir menjadi penting sebagai bagian untuk menjaga penampilan.
Cara Mengatasi Bibir Hitam Dengan Bahan Alami
Karena itulah, banyak produk kosmetik yang berkaitan dengan bibir yang laris manis dipasaran. Tetapi satu hal yang harus diperhatikan jika menggunakan lipstik adalah memperhatikan kandungan pada lipstik yang digunakan. Kandungan berbahaya yang terdapat pada lipstik yang tidak baik adalah parafin dan logam berat yang bisa menyebabkan timbulnya iritasi pada bibir.
Tak hanya itu, pada 2015 lalu bahkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat atau yang dikenal dengan FDA juga telah melarang penggunaan bahan ferric ferrocyanide dan ultramarine dianggap berbahaya karena bahan pewarna tersebut akan menempel pada membran mukus di mulut dan kemudian menyerap.
Itulah mengapa menggunakan bahan alami untuk memerahkan bibir jauh lebih diutamakan, sedangkan penggunaan kosmetik seperti lipstik hanya pada saat tertentu saja.

Penyebab Bibir Berwarna Hitam

Salah satu masalah bibir yang kerap dikeluhkan banyak orang adalah warna bibir yang tidak lagi memerah tetapi justru menghitam. Ada banyak faktor yang menyebab bibir menjadi hitam. Salah satunya adalah kegemaran yang tidak sehat–merokok. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin pada rokok membuat pigmen melanin bibir menebal dan akhirnya berwarna hitam.
Penggunaan lipstik yang terlalu sering juga dianggap menjadi penyebab bibir hitam. Hal ini terjadi karena sisa lipstik yang tidak bersihkan akan meninggalkan efek yang menyebabkan bibir hitam.
Faktor eksternal lainnya adalah sinar matahari. Seperti halnya pada kulit, pancaran sinar matahari langsung juga bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Dan kebiasaan mengkonsumsi kopi juga menjadi penyebab bibir hitam.
Selain itu juga terdapat faktor internal lainnya seperti bawaan, hilangnya kelembaban bibir, alergi, dehidrasi, kekurangan vitamin C hingga diet yang salah akan menyebabkan hilangnya warna merah alami pada bibir.

Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

Dari analisa terhadap faktor-faktor penyebab bibir hitam tadi, maka sejumlah bahan alami berikut dipercaya bisa memperbaiki warna bibir sehingga kembali ke warna alaminya.
Madu dan Air Lemon
Salah satu bahan alami yang pernah direkomendasikan dari siaran Dr.Oz Indonesia adalah menggunakan campuran madu dan air lemon. Kedua bahan ini dioleskan dibibir sebelum tidur dan dibiarkan selama semalam yang dilakukan rutin selama 2 minggu.
Lemon
Bahan yang bisa membuat lemon baik untuk menghilangkan hitam pada bibir adalah arena lemon mengandung Alpha Hydroxy Acid yang dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati–termasuk kulit bibir. Adapun kandungan vitamin C-nya baik untuk mencerahkan warna kulit bibir.
Madu
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab bibir menghitam adalah karena faktor kelembaban yang mulai berkurang. Nah, salah satu bahan alami yang baik untuk mengembalikan kelembaban bibir adalah madu.
Minyak Zaitun dan Olive Oil
Mengoleskan minyak zaitun pada bibir juga dipercaya bisa mengembalikan warna alami bibir. Hal ini disebabkan karena kandungan Omega 3 dan antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun dan olive oil baik bisa berfungsi sebagai pelembab dan mengangkat sel kulit mati.
Air putih
Air putih baik untuk mengembalikan bibir yang hitam terutama yang disebabkan oleh dehidrasi, sehingga dengan asupan air yang cukup bibir akan kembali menjadi lebih cerah.
Lip Balm
Adapun untuk menghadapi bibir hitam karena sinar matahari, maka penggunakan lip balm yang mengandung SPF 30 bisa mencegah bibir dari paparan sinar matahari langsung.